Tuesday 24 October 2017

6 Cara Diet Alami Terbaik Menurut Para Ahli

Seringkali program diet yang dijalanin oleh seseorang tidak berhasil, alias berhenti ditengah jalan. Mereka sering merasakan tekanan maupun tersiksa pada diri sendiri disaat melakukan program dietnya. Ini karena kita tidak disiplin dan adanya rasa ketidak sabaran. Untuk memiliki tubuh yang langsing dan sehat membutuhkan proses dan tidak seperti membalikkan telapak tangan.yang pastinya kita harus konsisten terhadap tujuan awal yang telah kita susun.
Segala sesuatu yang diperoleh dengan cara yang efektif atau biasa disebut instan tentu ada efek sampingnya.Memiliki keinginan untuk dapat memiliki tubuh langsing malah sebaliknya yaitu sakit, atau bahkan menjadi lebih gemuk. Terkadang mereka membalas dietnya yang telah gagal dengan makan sebanyak-banyaknya,ini sebuah kenyataan.

Apakah Kita juga termasuk salah satu orang yang gagal diet? Jika demikian, mari lakukan lagi program diet Kita dengan rahasia sukses diet tanpa efek samping di bawah ini.

1. Makan makanan yang mengandung banyak serat

Makanan yang mengandung banyak serat (buah-buahan dan sayuran) sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut seorang penulis buku The F-Factor Diet, Zuckerbrot, R.D., makanan berserat ini tidak hanya dapat membuat Kita lebih cepat kenyang dan lebih lama merasa lapar namun makanan berserat dapat membantu mencegah tubuh menyerap beberapa kalori dalam makanan Kita.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan makanan yang berserat dengan jumlah lebih dari 26 gram sehari dapat membantu menurunkan kemungkinan risiko penyakitnya sebesar 18 % dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi makanan yang berserat kurang dari 19 gram per hari.

Para peneliti percaya bahwa:
  1. Mengkonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menjaga berat badan menjadi tetap sehat  dan ideal
  2. Membantu menjaga gula darah agar tetap stabil
  3. Membantu mencegah perkembangan diabetes
  4. Menurunkan kemungkinan risiko mengalami penyakit jantung

Ada dua jenis serat: 
  1. Serat larut
Bentuk seperti gel yang dapat membantu pada tubuh kita dalam menurunkan kadar kolesterol dan dapat memperlambat penyerapan gula dan nenurunkan gula darah

Serat larut dapat diperoleh dari beberapa macam sebagai berikut: 
  • Kacang polong
  • Gandum
  • Apel
  • Wortel
  • Kacang-kacangan
  • Sitrus
  1. Serat Tidak Larut
Serat tidak larut ini membantu mempromosikan pergerakan materi melalui pencernaan pada tubuh kita dan sangat berguna bagi mereka yang sering mengalami sembelit. Selain itu juga diketahui dapat mengrurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2

Serat tidak larut dapat diperoleh dari beberapa macam sebagai berikut : 
  • Kembang kol
  • Kacang hijau
  • Kacang
  • Kentang
  • Tepung gandum
  • Oatmeal (serat larut dan tidak larut)
  • Kacang-kacangan (serat larut dan tidak larut)

Kita juga dapat memilih makanan sehat berserat lainnya seperti di bawah ini:
  • Kacang merah dan beras merah yang memiliki sumber serat sangat baik, juga memiliki sumber protein dan zat besi
  • Kacang hitam yang diketahui mengandung tinggi flavonoid dan antioksidan kuat.akan tetapi jika Kita mengonsumsi makanan-makanan ini, Kita harus minum air yang banyak
  • Alpukat yang merupakan sumber serat yang baik. Kandungan lemak mono dan polyunsaturated diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol, dan risiko jantung
  • Brokoli juga tak kalah kaya akan serat yang paling baik bagi tubuh. Membantu mencegah kanker

 

2. Makan makanan yang mengandung banyak protein

Makanan yang mengandung  banyak protein sangat baik bagi tubuh mereka yang sedang melakukan program diet.Karena protein tersebut memiliki efek yang kuat terhadap nafsu makan seseorang,dan dapat membantu mengurangi rasa lapar dan juga membantu asupan kalori lebih sedikit.

mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup protein yang sehat dapat sangat membantu dalam mengendalikan berat badan dan menurunkan berat badan. Jika kita memiliki program menurunkan berat badan maka kita harus mengkonsumsi lebih sedikit kalori dari yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Penelitian telah menemukan bahwa diet yang kaya protein dapat membantu mencegah obesitas, osteoporosis dan diebetes.

protein sangat baik dan membantu orang yang sedang melakukan program diet yang benar. Protein memerlukan kerja ekstra untuk dicerna, dan dimetabolisme. Ini berarti Kita membakar kalori untuk dapat mengolahnya. Oleh karena itu protein butuh waktu yang lebih lama untuk meninggalkan perut Kita sehingga Kita tidak cepat merasa lapar.

Sumber protein terbaik adalah:
  1. Ikan
  2. Daging rendah kolesterol (tidak daging merah)
  3. Susu
  4. Kacang

Adapun jumlah yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan protein harian tersebut berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatan dan usia.
Jika Kita makan 2 sampai 3 porsi makanan yang kaya akan protein itu sudah cukup untuk nemenuhi kebutuhan harian. Ambil contoh: orang dewasa mengkonsumsi 
  • 1 butir telur, atau 1 ons keju, atau
    1/2 gelas kacang yang dimasak

Perhatian : Diet asupan protein adalah 0,75 gram per kilogram untuk seorang wanita, kemudian 0,84 gram per kilogram untuk seorang pria. Sedangkan untuk ibu hamil, menyusui, atlet, mereka memerlukan protein yang berbeda dari ukuran normal.
Adapun jika terjadinya kekurangan protein dapat berakibat:
  1. Tubuh berisiko mengalami defisiensi protein
  2. Resistensi cairan anemia
  3. Terjadinya penyusutan jaringan otot  
BACA JUGA : TIPS  CEPAT MENGHILANGKAN JERAWAT ALA ANAK KOS
                           7 CARA MEMBERSIHKAN HELM DENGAN BAIK DAN BENAR

3. Minum Air Putih (Air Mineral)

Minum air putih sangatlah penting bagi tubuh kita.Tidak hanya berlaku untuk mereka yang sedang dalam program diet, namun sangat berguna bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minum air putih dapat membuat Kita merasa kenyang disela makan. Terkadang perut kita terasa lapar dan kita segera mencari makanan. Padahal mungkin saja tubuh kita hanya memerlukan air.

Kita disarankan untuk minum air putih secukupnya agar dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu sistem pencernaan kita agar dapat bekerja dengan baik, dan juga dapat membantu meningkatkan pergerakan usus yang lebih baik. Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan tubuh yang sehat.

"Menurut Institute of Medicine, asupan minum air total per hari (AI) yang cukup adalah sekitar 3 liter atau 13 gelas untuk pria dan untuk wanita adalah 2,2 liter atau 9 gelas."

Air putih sangat baik bagi tubuh kita karena dapat membantu mengeluarkan racun tubuh dan membuang limbah melalui keringat dan air kencing. Seperti diketahui minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan.

Air putih dapat membantu menurunkan berat badan,karena dengan meminum 2 gelas air putih sebelum makan maka porsi makan Kita menjadi lebih sedikit.adapun dengan minum air putih dapat sedikit membantu meningkatkan metabolisme yaitu sistem pembakaran kalori tubuh.

 

4. Makan Makanan Rendah Karbohidrat (membatasi asupan karbohidrat)


Para ahli diet berpendapat bahwa membatasi jumlah asupan karbohidrat pada tubuh saat melakukan program diet sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan diet pada seseorang.Dan merupakan salah satu metode paling baik untuk menurunkan berat badan dengan tidak ada efek samping apapun.
Selain itu banyak penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dengan cara diet rendah karbohidrat terbukti dapat membantu mengurangi berat badan tiga kali lebih besar daripada diet rendah lemak.

Diketahui bahwa diet rendah karbohidrat sangat efektif dalam membantu melawan sindrom metabolik yang merupakan kondisi medis yang terkait dengan beberapa risiko penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

5. Memperbanyak makan buah dan sayuran

Mengurangi makanan yang memiliki karbohidrat lalu memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik bagi orang yang sedang melakukan program diet (penurunan berat badan). Buah dan sayuran miliki begitu banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Mereka (buah-buahan dan sayuran) memiliki sejumlah vitamin (vitamin A, C, seng, asam folat, magnesium, fosfor, potasium, serat).

Selain itu manfaat penting lain dari buah dan sayuran adalah mereka memiliki banyak air yang sangat berguna bagi tubuh dan sistem pencernaan.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa jika Kita mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur maka dapat membantu Kita untuk: 
  1. Mengurangi risiko penyakit jantung (kardiovaskular)
  2. Diabetes tipe 2
  3. Menurunkan tekanan darah (hipertensi)
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Mempertahankan berat badan sehat
  6. Mencegah obesitas

 

6. Olahraga (latihan fisik)

Taukah kamu olahraga adalah bagian yang paling penting dalam hidup. Tidak hanya berlaku bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, namun untuk semua orang tanpa terkecuali. Olahraga sangat membantu kita dalam menurunkan berat badan atau diet dan dapat menjaga kestabilan berat badan sehingga Kita dapat terhindar dari obesitas.

Olahraga secara teratur dapat mengurangi Kita dari beberapa faktor risiko penyakit seperti:
  1. Diabetes
  2. Jantung
  3. Stres
  4. Depresi
  5. Tekanan darah (hipertensi)
  6. Kolesterol
  7. Kanker tertentu seperti (kanker usus besar dan kanker payudara)

Olahraga tidak hanya untuk mendapatkan tubuh yang ideal tetapi juga punya manfaat hebat lainnya dan bonus plus-plus:
  1. Meningkatkan energi
  2. Mood
  3. Bahagia
  4. Tidur lebih nyenyak
  5. Percaya diri
  6. Banyak sahabat
  7. Awet muda
  8. Kebugaran tubuh
  9. Meningkatkan relaksasi
  10. Mempertajam daya ingat
  11. Mencegah penurunan kognitif
  12. Meningkatkan usia hidup lebih lama

Beberapa ahli menyarankan untuk berolahraga aerobik satu minggu tiga kali minimal 20 menit per sesi, bila perlu lebih dari 20 menit malah sangat bagus apabila Kita serius dan benar-benar berniat untuk menurunkan berat badan. Harus tertib melakukan latihan paling sedikit 15 menit. Berjalan satu mil setiap hari dapat membakar hingga 100 kalori.Supaya Kita bisa mencapai target, jangan mengkonsumsi kalori secara berlebihan setelah melakukan latihan tersebut.

Silahkan Berkomentar Disini

0 komentar